وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrahim: 7)

Dengan mengucapkan syukur kepada Allah Yang Maha Segalanya SMP Batik Program Khusus Surakarta yang kita cintai pada tanggal 29 September 2020 / 12 Shafar 1442 H akan menapaki hari jadinya yang ke-6. SMP Batik Program Khusus Surakarta terus berperan dan berkiprah bagi pembangunan pendidikan bangsa Indonesia. Seiring dengan bertambahnya usia maka institusi ini pun dituntut untuk terus mencerdaskan dan membimbing generasi muda menuju gerbang masa depan yang cerah. Tantangan ke depan akan semakin banyak dan semakin berat. Akan tetapi semangat untuk terus berkarya, bekerja keras, maju, berkembang, berinovasi mengikuti perkembangan jaman tidak akan pernah surut dengan tetap dilandasi dengan dasar karakter islam yang sudah Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam.

Harapan dan cita-cita para tokoh pendiri SMP Batik Program Khusus kini diestafetkan kepada tangan kita sebagai sivitas akademika. Ini seyogyanya menjadi pemantik semangat untuk terus melangkah maju dalam mengembangkan SMP Batik Program Khusus Surakarta di masa depan. Kita harus berkeyakinan bahwa apa yang kita lakukan untuk SMP Batik Program Khusus Surakarta adalah sesuatu yang berguna, yakni sebagai bentuk pengabdian kita kepada Allah SWT. Sebagaimana diamanatkan oleh Baginda Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi Wasallam bahwa sebaik-baik manusia adalah insan yang bermanfaat bagi sesamanya.

Milad SMP Batik Program Khusus kali ini bertemakan “Bangun Prestasi Melalui Qur’an”. Pemilihan tema tersebut rasanya sangat relevan dengan upaya yang terus digalakkan di SMP Batik Program Khusus dengan visi SMP Batik Program Khusus. Ilmu pengetahuan yang diharapkan tidak hanya berupa pemikiran, pengetahuan ilmu agama, pengembangan diri, dan moral saja. Namun juga bagaimana menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan, bumi pertiwi Indonesia yang kaya akan keragaman budaya dan keindahan alam. SMP Batik Program Khusus mempunyai peran edukatif untuk terus mengajak dan memberi pemahaman setiap generasi muda akan pentingnya menjaga bangsa. Masih kurangnya tingkat kesadaran masyarakat dalam memahami kelestarian lingkungan alam juga menjadi tantangan bagi SMP Batik Program Khusus ke depan.

Di samping itu, akreditasi pendidikan menjadi salah satu kebijakan sekolah guna menjawab tantangan tersebut. Sebagai realisasinya, mengupayakan pencapaian akreditasi. Akreditasi dipandang sebagai pengakuan atas kualitas pendidikan di SMP Batik Program Khusus yang telah memenuhi standar pendidikan di tingkat nasional. Ini juga berarti, para lulusan SMP Batik Program Khusus terakreditasi nasional memiliki kesempatan yang lebih luas untuk diakui kompetensinya ketika melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.

SMP Batik Program Khusus Alhamdulillah, bersamaan dengan milad ke 6 ini, untuk meningkatkan daya saingnya di level regional bahkan nasional menjadi semakin nyata dengan dibuka program boarding school pada tahun pelajaran 2021/2022. Program boarding school merupakan satu – satunya program yang dimiliki sekolah di lingkup Yayasan Pendidikan Batik Surakarta. Dengan program boarding school kini SMP Batik Program Khusus Surakarta dapat meningkatkan pendidikanya terutama di bidang tahfidz dan karakter islami.

Kegiatan Milad ke-6 akan diselenggarakan berbagai kegiatan yang menarik dan sarat manfaat. Panitia telah mempersiapkan rangkaian kegiatan di bidang pendidikan, pengabdian masyarakat, dan dakwah Islamiyah. Beberapa di antaranya seperti khataman, kajian, lomba membuat pamflet PMBS, lomba pembuatan dan peluncuran antalogi puisi islami dan olahraga sunnah berkuda dan memanah. Kegiatan ini selain diselenggarakan guna menyemarakkan milad, juga diharapkan dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *